Selasa, 26 November 2013

Rangkuman Manajemen Organisasi dan Pelayanan Kemanusiaan

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

                                                                                                                                                                                                   
Kode / Nama Mata Kuliah      : Manajemen Organisasi Pelayanan kemanusiaan                  
Revisi ke                                 : 0
Satuan Kredit Semester          :  3 SKS                                                                                   
Tgl revisi                                 : -                                                                                                                                                                           
Jam kuliah dalam seminggu    : 150 menit                                                                           
Tgl mulai berlaku                    : 28 Agustus 2013
Jam kegiatan laboratorium      : ……jam                                                                                Penyusun                                 : Aryan Torrido


Ranah Integrasi-Interkoneksi   :
A.Filosofis:  Secara filosofis Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan terkait dengan pengelolaan dinamika organisasi  untuk  pencapaian tujuan  organisasi.                                  
B.Materi:  Materi dalam Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan tentang seluk beluk pengelolaan strategik organisasi yang  bertujuan untuk pelayanan kemanusiaan (nirlaba),
C.Metodelogi:  Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan secara metodologis selalu terkait dengan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengelolaan organisasi, sebagai dasar pijakannya adalah studi Manajemen, sedangkan teori organisasi, Kebijakan dan perencanaan sosial  dapat dijadikan  landasan dalam penintegrasian proses berfikir tersebut.  
D.Strategi:  Strategi pembelajaran active learning akan digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah MOPK


Matakuliah pendukung Integrasi-Interkoneksi  : Studi Manajemen, Teori Organisasi dan Kebijakan dan perencanaan sosial

Deskripsi Mata Kuliah   : Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan merupakan kajian tentang bagaimana suatu organisasi kemanusiaan, baik pemerintah maupun non pemerintah merencanakan dan melaksanakan organisasi. Untuk itu mata kuliah ini mendeskripsikan dan menganalisa masalah-masalah manajemen organisasi pelayanan kemanusiaan,  serta melakukan kunjungan ke lembaga-lembaga organisasi pelayanan kemanusiaan untuk memperdalam pemahaman materi.

 Standar Kompetensi        :  Mahasiswa dapat mengidentifikasikan dan menganalisa masalah-masalah manajemen organisasi pelayanan kemanusiaan serta mampu membuat sistem manajemen organisasi diwujudkan dalam paper di akhir semester.

Pertemuan
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok Bahasan
Aktifitas Pembelajaran
Referensi
1
Menumbuhkan suasana keakraban dan  saling kesepahaman antar dosen dan mahasiswa
Adanya kontrak belajar,
berkenaan dengan materi,
metode belajar dan
penilaian antara dosen
dengan mahasiswa.
1.      Pengantar materi perkuliahan
2.      Kontrak belajar

1.Concept map
2.Ceramah dan dialog
SAP
2
Mahasiswa memahami pengertian dan fungsi manajemen
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep manajemen dan penerapan fungsi manajemen dlm organisasi
Konsep, fungsi dan penerapan Manajemen dalam organisasi
1.Diskusi
2. Interactive lecturing

1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2.Manajemen Organisasi; Khaerul Umam

3
Mahasiswa memiliki pemahaman berkenaan dengan Organisasi Pelayanan Kemanusiaan
Mahasiswa memiliki pengetahuan di dalam memahami ruang lingkup Organisasi pelayanan kemanusiaan
Ruang Lingkup Organisasi Pelayanan Kemanusiaan
1.Mind map
2.Ceramah
3.Diskusi
1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2.Manajemen Organisasi; Khaerul Umam
3.Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye,
4
Mahasiswa memiliki pemahaman berkenaan dengan hubungan organisasi dan lingkungannya
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang manfaat dan pengaruh lingkungan terhadap organisasi
Hubungan organisasi dan lingkungannya
1.Information search
2.Ceramah
3.Tanya Jawab
1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2. Teori organisasi, Prof Winardi
3.Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye,
5
Mahasiswa memiliki pemahaman berkenaan dengan konsep kepemimpinan
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dan gaya kepemimpinan dalam organisasi pelayanan kemanusiaan
Kepemimpinan
Interactive lecturing
1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2.Manajemen Organisasi; Khaerul Umam
3.Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye,
6
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang tenaga relawan bagi organisasi pelayanan kemanusiaan
Mahasiswa memiliki pengetahuan dalam pengelolaan dan pengembangan relawan
Kerelawanan
1.Information search
2.Ceramah
3.Tanya Jawab
1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2.Manajemen Organisasi; Khaerul Umam
3.Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye
4.Teori organisasi, Prof Winardi
7
Mahasiswa memiliki pemahaman berkenaan dengan konsep manajemen SDM
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang bagaimana menerapkan manajemen SDM yg efektif bagi organisasi pelayanan kemanusiaan
Pengelolaan sumber daya manusia
1.Information search
2.Ceramah
3.Tanya Jawab
1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2.Manajemen Organisasi; Khaerul Umam
3.Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye,
4. Teori organisasi, Prof Winardi
8
Mahasiswa mengetahui kemampuan dalam proses penerimaan materi perkuliahan
Mahasiswa mengetahui pencapaian setengah semester
Mid Test
Ujian tulis
Materi perkuliahan yang telah dipresentasikan
9
Mahasiswa memiliki pemahaman atas tekhnik perencanaan program
Mahasiswa memiliki pengetahuan dalam membuat perencanaan dan pengelolaan program bagi organisasi pelayanan kemanusiaan
Perencanaan & pengelolaan  program

Interactive lecturing
1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2.Manajemen Organisasi; Khaerul Umam
3.Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye,
10
Mahasiswa memiliki pemahaman atas pentingnya fund rising
Mahasiswa memiliki pengetahuan di dalam memahami pentingnya pendanaan dan prinsip2 akuntasi keuangan bagi organisasi pelayanan kemanusiaan
Pendanaan dan manajemen keuangan organisasi pelayanan
1.Ceramah
2.Diskusi
1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2.Manajemen Organisasi; Khaerul Umam
3.Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye,
4.Teori organisasi, Prof Winardi
11
Mahasiswa memiliki pemahaman berkenaan konsep pemasaran
Mahasiswa memiliki pengetahuan dalam memahami pengembangan strategi pemasaran hasil organisasi pelayanan kemanusiaan
Pemasaran hasil Organisasi
Pelayanan kemanusiaan
1.Mind map
2.Ceramah
3.Tanya Jawab
1.Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
2.Manajemen Organisasi; Khaerul Umam
3.Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye
12
Mahasiswa memiliki pemahaman atas berbagai model lembaga pelayanan kemanusiaan
Mahasiswa memiliki pengetahuan di dalam memahami model manajemen organisasi pelayanan kemanusiaan

Observasi lembaga
Kunjungan Lapangan
Lembaga-lembaga Pelayanan Kemanusiaan
13
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil observasi
Mahasiswa memiliki pengetahuan di dalam menganalisa pengembangan organisasi
Laporan observasi & rencana pengembangan
1.Presentasi
2.Diskusi
Laporan Kelompok
14
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil observasi
Mahasiswa memiliki pengetahuan di dalam menganalisa pengembangan organisasi
Laporan observasi & rencana pengembangan
1.Presentasi
2.Diskusi

Laporan kelompok
15
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil observasi
Mahasiswa memiliki pengetahuan di dalam menganalisa pengembangan organisasi
Laporan observasi & rencana pengembangan
1.Presentasi
2. Diskusi

Laopran kelompok
16
Mahasiswa mengukur kemampuan dalam memperoleh materi perkuliahan
Mahasiswa mengukur hasil pencapaian yang telah dihasilkan dalam memahami materi perkuliahan
Ujian akhir semester
Ujian akhir semester/ paper
Keseluruhan materi perkuliahan yang telah dipresentasikan




Level Taksonomi        :                                                                                                      
Komposisi Penilaian               :
Pengetahuan                :     20%                                                                                            
Ujian Akhir Semester   :     30%
Pemahaman                 :     30%                                                                                             
Ujian Tengah Semester :     25%
Penarapan                    :     30%                                                                                               
Tugas                           :    25%
Analisis                        :     20 %                                                                                            
Keaktifan Mahasiswa   :     20%
Sintetis                         :      %                                                                                                
Total                           :    100%
Evaluasi                       :      % 



Referensi

  1. Management of Human Service Programs; Judith A. Lewis
  2. Strategic planning for nonprofit organizations; Allison, M & Kaye, J
  3. Manajemen Organisasi; Khaerul Umam
  4. Teori Organisasi & Pengorganisasian; Prof.Dr.J.Winardi



Disusun oleh :
Diperiksa Oleh:
Diperiksa oleh :
Disahkan Oleh  :
Dosen Pengampu




Aryan Torrido, M.Si
NIP.
Penanggung jawab keilmuan




Aryan Torrido, M.Si
NIP.
Ketua Program Studi




Drs. H. Zainuddin, M.Ag
NIP.
Dekan




Dr. Waryono, M.Ag
NIP.19701010199903 1 002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar